Sabtu, 26 Maret 2011

Selain Sawit , Karet, dan Kakao, NILAM KOMODITI ANDALAN PASBAR


Pasbar - Imapasbar
Nilam merupakan salah satu komoditi unggulan Kabupaten Pasaman Barat (Pasbar) selain sawit, karet dan kakao. Luas areal nilam 1.951 hektare, tersebar di 10 kecamatan.
“Sedangkan produksi nilam mencapai 1.364 ton/pertahun (tahun 2010),” kata Kepala Dinas Perkebunan (Disbun) Pasbar,
Dijelaskan, dalam rangka meningkatkan produksi dan kualitas minyak nilam, Pemkab Pasbar melalui Dinas Perkebunan akan meningkatkan luas areal nilam dan perbaikan kualitas bibit
Untuk meningkatkan kualitas bibit, Disbun telah memfasilitasi sarana penyulingan dengan alat suling stainlistil, disamping pembinaan kelembagaan permodalan dan kerjasama dalam dan antar kelompok. “Dengan adanya alat penyulingan tersebut, nilam Pasbar terbaik di Sumatra,” katanya
Untuk penangkaran, Pasbar dipercaya dan diakui mampu menghasilkan bibit nilam berkualitas. Kemampuan Pasbar dalam penangkaran bibit mencapai 100 ribu batang/bulan.
Selain itu, Pasbar telah memenuhi permintaan bibit nilam baik secara nasional maupun internasional, karena bibit nilam Pasbar dijamin kualitasnya oleh Balai Pengawas Peredaran Mutu Benih Perkebunan Sumbar.
“Untuk itu diimbau kepada petani nilam untuk menerapkan teknologi budidaya dengan baik dan melaksanakan penyulingan dengan alat stainlistilt serta menjaga kelestarian lingkungan,” harapnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar